Jarang Disadari! Ini Penyebab Tumit Pecah Pecah

Masalah tumit pecah pecah memang hal yang sangat tidak nyaman untuk semua orang. Bagian kulit yang terlihat pecah memang terbuka dan biasanya sangat kering. Meskipun masalah ini terlihat mengerikan namun biasanya tidak terlalu sakit. Hanya saja tumit yang pecah-pecah akan membuat Anda tidak nyaman, takut untuk berjalan dengan normal, resiko infeksi yang lebih parah dan mengurangi penampilan.

Ada banyak hal yang bisa membuat tumit pecah-pecah. Dibawah ini kami akan mengulas penyebab tumit pecah pecah secara luas termasuk berhubungan dengan penyakit dan kondisi tubuh maupun gaya hidup.

Kulit Sangat Kering

Masalah yang sangat umum saat cuaca sangat panas adalah tumit pecah-pecah. Masalah ini biasa terjadi pada remaja maupun orang dewasa. Ketika cuaca sangat panas maka beberapa bagian kulit menjadi lebih tebal. Ini juga terjadi pada bagian tumit Anda.

Kemudian kulit menjadi sangat kencang dan kasar. Akhirnya kulit mulai pecah dan terjadi secara alami. Ini juga bisa terjadi saat cuaca sangat dingin, dimana cuaca akan membuat kulit di bagian tumit kehilangan kelembapan alami.

akibat-kulit-kering

Akibat Penyakit Kaki Atlit

Penyakit kaki atlit sesuai dengan namanya maka penyakit ini bisa berhubungan dengan profesi atlit. Atlit yang sering menggunakan sepatu secara terus menerus akan mengalami masalah ini. Ini terjadi ketika ada infeksi jamur yang menyerang kulit sekitar tumit.

Jamur akan tumbuh sangat subur karena kulit di tumit menjadi lebih lembab, saat terlalu sering ditutup oleh sepatu. Meskipun penyakit ini dianggap hal yang biasa, tapi kondisi ini termasuk penyakit infeksi kulit yang mudah menular.

apa-itu kaki-atlit

Gejala dari penyakit ini termasuk seperti:

  • Kulit pada tumit yang mengelupas.
  • Banyak bagian kulit di sekitar tumit yang mulai pecah termasuk di celah jari dan sekitarnya.
  • Ada rasa panas ketika terkena air.
  • Kulit yang melepuh menjadi perih
  • Ada rasa gatal pada area tumit yang pecah.

Kelebihan Berat Badan

Tahukah Anda jika orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko untuk terkena tumit yang pecah-pecah. Ini terjadi ketika berat badan yang berlebihan membuat kaki memiliki beban khusus di area tumit.

Awalnya akan terlihat bagian tumit yang melebar dan membentuk kulit yang lebih tebal. Setelah itu pada beberapa bagian tumit maka akan menjadi pecah-pecah dan tidak nyaman.

cara-mengatasi-kelebihan-berat-badan

Kebiasaan Berdiri Lama

Orang yang sering bekerja dengan cara berdiri lama memang bisa memiliki tumit yang kurang sehat. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah tumit yang pecah-pecah. Ketika Anda berdiri terlalu lama maka tekanan dan beban akan terkumpul pada sisi tumit.

Kemudian ini akan membuat lemak di sekitar tumit hilang, lalu kulit akan kehilangan kelembapan alami. Kebiasaan berdiri lama juga akan membuat bentuk tumit berubah selain masalah tumit yang pecah-pecah.

penyebab-terlalu-lama-berdiri

Kebiasaan Menggunakan Sepatu Terbuka

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan sepatu terbuka maka itu bisa menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Sepatu yang terbuka pada bagian tumit memang lebih nyaman dan dianggap bisa mengatasi masalah kulit kaki yang terlalu lembab.

Tapi jika ini digunakan secara terus menerus maka bisa membuat area tumit kehilangan kelembapan dan menjadi kering. Terlebih jika cuaca saat itu memang terlalu panas dan bisa membuat tumit pecah-pecah.

Akibat Penyakit Eksim

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang sangat umum. Masalah utama dari penyakit eksim adalah kondisi penyakit ini agak sulit untuk disembuhkan secara total. Eksim atopik adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering menyebabkan tumit pecah, kulit menjadi sangat gatal dan merah.

Biasanya penyakit ini berkembang di bagian lutut, tangan dan punggung. Tapi jika ini menyebar sampai ke bagian tumit maka juga akan membuat kulit pecah-pecah. Tidak ada penyebab khusus dari eksim yang sudah diteliti secara medis. Tapi beberapa faktor seperti alergi makanan, alergi cuaca, stres dan sabun bisa membuat eksim berkembang dengan cepat.

penyakit-eksim

Akibat Penyakit Psoriasis

Penyakit psoriasis juga bisa menyebabkan masalah kulit yang sangat serius. Penyakit ini akan menyebabkan area kulit yang terkena menjadi berkerak, muncul sisik yang mengerikan, merah, menyebabkan perih dan hal yang tidak nyaman. Terkadang bagian kulit yang terkena juga bisa menjadi sangat perih.

Umumnya penyakit psoriasis bisa muncuk dibagian punggung, lutut, dan juga kulit kepala. Tapi masalah ini juga bisa menyebabkan kondisi tumit pecah-pecah. Penyebab psoriasis dicurigai karena adanya sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang sel yang sehat.

penyakit-psoriasis

Akibat Penyakit Juvenile Plantar

Penyakit Juvenile Plantar adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan pengaruh besar untuk kulit Anda. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak meskipun orang dewasa juga bisa terkena.

Awal dari kondisi penyakit ini akan menyebabkan kulit pada area tumit mengkilap kemudian menjadi pecah-pecah. Kulit biasanya juga akan lebih bersisik dan sakit ketika terkena gesekan.

Penyakit ini secara umum sering disebabkan karena sering menggunakan sandal yang terbuka atau terlalu tertutup sehingga bagian kulit menjadi lebih berkeringat.

penyakit-juvenile-plantar

Dampak Sinar Matahari

Sinar matahari yang mengandung sinar UV ternyata tidak hanya berbahaya untuk kulit Anda, tapi juga untuk bagian tumit Anda. Sinar ini terlalu panas dan membuat kulit menjadi lebih kering karena kehilangan kelembapan alami.

Bagian tumit yang terlalu sering terkena matahari akan mengalami masalah tersebut. Biasanya kulit akan menjadi lebih keras, merah dan setelah beberapa hari akan terlihat retakan pada bagian kulit. Meskipun tumit pecah-pecah karena sinar matahari namun biasanya tidak menyebabkan rasa panas.

bahaya-sinar-matahari -untuk-kulit

Pengaruh Usia

Usia yang lebih tua juga akan mengalami masalah tumit pecah-pecah. Ini semua terjadi karena adanya pengaruh usia yang semakin tua. Semakin bertambah umur maka kulit akan kehilangan kelembapan, proses regenerasi sel kulit menjadi lambat dan juga adanya ekspos terhadap sinar matahari juga cuaca.

Kemudian kulit akan menjadi lebih kering dan mudah pecah. Biasanya bagian yang pecah tidak hanya pada tumit saja tapi menyebar sampai tengah dan celah-celah jari. Jika tidak dirawat maka bagian kulit yang pecah akan lebih dalam dan terlihat menakutkan.

penyebab-penuan-dini

Kondisi Penyakit Diabetes

Penderita diabetes juga bisa mengalami tumit pecah-pecah. Meskipun pada beberapa kasus masalah ini bisa berbeda, karena hal ini terjadi ketika gula darah dalam tubuh sangat tinggi.

Kulit menjadi kehilangan kelambapan dan akhirnya kulit pada tumit akan pecah. Dalam beberapa kasus masalah ini tidak bisa dirawat secara biasa. Luka pada bagian kulit harus dirawat dengan secara higienis sehingga area yang pecah tidak meluas.

penyakit-diabetes

Kurang Nutrisi

Kurang nutrisi tertentu juga bisa menyebabkan kulit pada area tumit menjadi pecah-pecah. Masalah ini bisa terjadi ketika kulit menjadi sangat kering kemudian tidak ada sel baru untuk memperbarui sel kulit yang lebih sehat.

Kekurangan mineral seperti seng bisa membuat tumit pecah-pecah. Hal ini juga bisa menyebabkan dampak yang lebih parah karena proses regenerasi sel kulit tidak bisa terjadi dengan cepat. Untuk mengatasinya maka konsumsi makanan termasuk buah dan sayuran yang mengandung seng tinggi.

akibat-kekurangan-nutrisi

Sering Tidak Menggunakan Alas Kaki

Beberapa orang memang masih memiliki kebiasaan tidak menggunakan sandal atau sepatu ketika bepergian atau beraktifitas. Ternyata masalah ini yang akan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah.

Masalah ini bisa membuat kondisi tumit lebih buruk terutama karena bagian kulit yang pecah terkena infeksi bakteri atau virus dari lingkungan yang kurang sehat. Untuk mengatasinya maka bisa mencoba merawat kaki dengan menggunakan kaos kaki dan sepatu atau sandal.

bahaya-sering-tidak-menggunakan-alas-kaki

Efek Tempat yang Lembab

Jika Anda sering bekerja dengan berdiri di tempat – tempat yang lembab dan mengandung banyak air maka bisa membuat efek tumit pecah-pecah. Misalnya jika Anda berdiri terus menerus di tempat berair maka bisa membuat kulit menjadi lebih lunak,kasar namun pada akhirnya menjadi sangat kering. Jika terjadi terus menerus maka beberapa bagian kulit di tumit akan menjadi pecah-pecah.

Jika Anda ingin menyembuhkan masalah ini maka gunakan sepatu atau alas kaki yang bisa melindungi kulit pada area tumit agar tidak terkena air terus menerus.

bahaya-tempat-lembab-untuk kulit

Pengaruh Genetik

Genetik ternyata bisa menyebabkan masalah tumit pecah-pecah. Ini terjadi karena adanya faktor genetik tertentu yang membuat bagian kulit di area tumit kehilangan kelembapan. Biasanya bagian tumit yang pecah-pecah bisa menjadi lebih parah dan menyebabkan rasa sakit saat berjalan.

Jika Anda memang sudah memiliki masalah genetik ini maka usahakan untuk selalu menggunakan alas kaki ketika sedang beraktifitas.

pengaruh-genetik-pada-kulit

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab tumit pecah pecah. Memang masalah ini sangat umum dan sering disepelakan. Tapi jika tidak dirawat dengan baik maka bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk itu cobalah mengatasi tumit pecah pecah sesuai dengan penyebabnya sehingga lebih cepat sembuh.

1 thought on “Jarang Disadari! Ini Penyebab Tumit Pecah Pecah”

Leave a Comment