cara-menggemukan-badan

Memiki berat badan yang ideal tentunya akan membuat penampilan Anda terlihat sempurna. Terlalu gemuk memang tidak baik, tapi terlalu kurus juga tidak sehat.

Ada banyak penyebab mengapa tubuh tidak bisa gemuk. Diantaranya seperti penyakit tertentu, kebiasaan makan yang buruk, kelainan makan, infeksi dan kelainan tiroid.

Apapun penyebabnya maka memang perlu diatasi dengan baik. Setelah itu Anda bisa berusaha dengan cara menggemukkan badan. Apa saja langkah yang bisa Anda tempuh? Silahkan menyimak informasi lengkap dibawah ini.

1. Makan Banyak Kalori

Kalori adalah bahan utama untuk melakukan pembakaran. Pembakaran bisa terjadi ketika tubuh Anda beraktifitas atau sedang berolahraga. Bahkan pembakaran juga bisa terjadi ketika tubuh Anda istirahat namun memang kurang maksimal.

penggemuk-badan-alami

Ketika Anda ingin gemuk maka konsumsi sumber kalori yang lebih banyak dari proses pembakaran. Berbagai jenis sumber kalori termasuk nasi, daging berlemak dan sumber protein.

2. Makan Sumber Protein

Salah satu cara menambah berat badan adalah mencukupi kebutuhan protein untuk tubuh. Protein akan membangun otot dan membuat lemak dalam tubuh berkurang dan akhirnya menjadi kalori yang cukup untuk tubuh.

cara-menggemukan-badan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi bisa membuat massa otot meningkat. Sumber protein yang sangat baik untuk menggemukkan badan adalah seperti daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, hati sapi dan ayam, dan jenis makanan yang lain.

3. Makan Tiga Kali Sehari

Mengkonsumsi makanan dalam waktu yang rutin dan teratur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih gemuk. Anda sebaiknya tidak mengurangi karbohidrat karena itu bisa membuat berat badan Anda menurun dengan cepat.

cara-menggemukan-badan-alami

Kuncinya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Makan pokok harus dilakukan tiga kali sehari kemudian jika merasa lapar maka makan camilan. Jam makan harus diatur sehingga tubuh menyerap nutrisi dengan baik.

4. Olahraga

Selama ini olahraga sering menjadi tips untuk menurunkan berat badan. Tapi ternyata olahraga juga bisa membantu menggemukkan badan. Cara ini bisa membuat berat badan naik tapi tetap memelihara kesehatan Anda secara utuh.

cara-mudah-menggemukan-badan

Rahasianya adalah olahraga akan membantu kalori masuk ke dalam otot dan bukan sel lemak. Jika kalori masuk ke dalam sel lemak maka tubuh Anda memiliki banyak lemak dan menjadi tidak sehat.

Jenis olahraga untuk meningkatkan berat badan adalah dengan fitness atau olahraga angkat beban. Ini tidak hanya menggemukkan badan tapi juga membentuk tubuh Anda menjadi lebih berotot dan sehat.

5. Beri Jarak Minum Air Setelah Selesai Makan

Anda juga harus menerapkan kebiasaan yang bisa menggemukkan badan. Salah satunya adalah dengan memberi jarak minum setelah selesai makan. Beri jarak beberapa waktu dan ini akan membuat perut Anda mendapatkan kalori yang cukup.

cara-cepat-dan-alami-menggemukan-badan

Setelah itu Anda baru bisa minum air putih. Tapi jangan sampai menunggu sesak atau cegukan pada rongga pernafasan ya, karena itu juga bisa berbahaya.

6. Camilan dan Susu Menjelang Tidur Malam

Jika berat badan Anda sangat rendah maka cobalah untuk mengkonsumsi camilan dan susu segar menjelang tidur malam. Ini akan membuat tubuh Anda mendapatkan kalori yang lebih banyak. Lalu beri jarak selama dua jam sampai Anda tidur malam.

cara-menggemukan-badan

Kebiasaan ini juga bisa membuat lemak tubuh meningkat kemudian tidak masalah jika Anda berolahraga pada keesokan harinya.

7. Camilan Tinggi Protein dan Karbohidrat

Ada berbagai jenis camilan yang dirancang untuk menurunkan berat badan. Dan untungnya banyak makanan yang bisa membantu meningkatkan berat badan. Anda bisa mencoba memilih semua jenis camilan yang mengandung karbohidrat dan protein.

cemilan-penggemuk-badan

Anda bisa mencoba membaca label dalam kemasan. Perhatikan persen kalori yang disediakan camilan tersebut. Camilan seperti keripik yang tidak terlalu asin bisa sangat baik sebagai camilan sepanjang hari.

8. Tambahkan Krim dan Susu Pada Kopi Anda

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi, maka tambahkan krim dan susu ke kopi Anda. Ini cara yang tepat untuk membuat kopi Anda menyumbang kalori untuk tubuh. Rasa kopi Anda juga bisa manis dan tidak terlalu pahit. Lalu kandungan kafein menurun dan ini baik untuk membuat usus Anda bekerja maksimal saat mengolah makanan yang masuk ke tubuh.

cara-menggemukan-badan-super-cepat

9. Tidur Yang Cukup

Tidur juga akan menjadi cara menambah berat badan yang sangat baik. Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh Anda menjalani proses metabolisme dengan baik. Semua proses pengolahan kalori menjadi lancar.

cara-menggemukan-badan

Proses inilah yang kemudian membuat berat badan meningkat. Tetap berikan jarak antara setelah makan dan saat akan tidur. Biasakan untuk tidur siang meskipun itu hanya 30 menit saja. Dan buat suasana kamar Anda menjadi nyaman sehingga bisa tidur dengan baik.

10. Makan Protein Dulu Baru Sayuran

Untuk mendapatkan kalori yang tepat maka Anda juga harus mengatur cara makan yang baik. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sumber protein dulu, kemudian berikan jarak beberapa menit, lalu baru makan sayuran.

cara-menggemukan-badan

Jangan makan daging dan sayuran secara bersamaan karena ini akan membuat pencernaan tidak berjalan lancar dan Anda bisa terkena sembelit.

11. Hindari Rokok

Jika Anda ingin meningkatkan berat badan maka sebaiknya juga tidak merokok atau terkena asap rokok. Rokok sangat tidak baik untuk kesehatan karena zat-zat aktif dalam rokok bisa masuk ke dalam paru-paru.

cara-jitu-menggemukan-badan

Ini juga akan meningkatkan tubuh terkena beberapa penyakit seperti penyakit paru, paru, jantung, gangguan pernafasan dan gangguan metabolisme tubuh. Jadi, berhenti merokok mulai sekarang ya.

12. Konsumsi Makanan dan Minuman Penambah Berat Badan

Makanan dan minuman untuk menambah berat badan juga harus dipertimbangkan dengan baik. Keseimbangan nutrisi akan membuat berat badan naik secara alami. Kemudian diimbangi dengan kegiatan dan olahraga yang tepat maka berat badan Anda menjadi sangat ideal.

cara-menambah-berat-badan

Dibawah ini adalah daftar makanan dan minuman yang bisa meningkatkan berat badan dengan cepat:

» Susu berlemak
» Nasi putih
» Kacang-kacangan
» Butter
» Daging merah
» Produk karbohidrat komplek: kentang, jagung, ubi, quinoa dan oat
» Salmon
» Tuna
» Minyak ikan
» Buah yang dikeringkan
» Produk bertepung : roti manis dan makanan berbahan tepung
» Alpukat
» Sereal
» Keju
» Telur
» Jeroan (sapi dan ayam)
» Yogurt dengan lemak

13. Minum Madu

Tahukah Anda jika madu bisa menjadi nutrisi yang penting untuk meningkatkan berat badan. Khusus jenis madu penggemuk badan. Ini terbuat dari madu alami yang ditambahkan dengan bahan khusus untuk membuat tubuh bisa menyerap nutrisi dengan baik.

cara-menggemukan-badan

Madu ini sebenarnya juga mengandung lemak sehat yang bisa membuat berat badan naik dengan cepat. Namun sebaiknya Anda mengenali jenis madu yang tepat agar tidak salah dengan madu palsu.

14. Makanan Bersantan

Makanan yang mengandung santan juga bisa membantu meningkatkan berat badan. Santan sendiri didapatkan dari lemak kelapa. Lemak ini bisa membuat nutrisi tubuh tercukupi dari lemak sehat. Olahan makanan dari daging dan ikan bisa dimasak dengan santan sehingga kalorinya akan meningkat.

cara-menggemukan-badan

15. Suplemen Nutrisi

Suplemen nutrisi juga bisa dikonsumsi jika ingin meningkatkan berat badan dengan cepat. Suplemen bisa membantu berat badan meningkat karena mengandung bahan-bahan yang terbuat dari minyak khusus.

Misalnya saja suplemen yang terbuat dari minyak ikan salmon, minyak ikan cod dan jenis suplemen lain. Suplemen ini biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah agar tubuh tidak mudah sakit.

cara-menggemukan-badan

Itulah semua cara menggemukkan badan yang sangat sehat dan alami. Jika Anda memiliki masalah kurang berat badan dan ingin mendapatkan badan yang ideal maka mulailah melakukan cara menambah berat badan seperti diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here