Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dengan Bahan Alami

Tumit pecah adalah masalah semua orang dan biasanya memang ini terlihat sangat memalukan. Tumit yang pecah biasanya menjadi umum. Di Indonesia masalah tumit pecah bisa terjadi karena kondisi cuaca yang sangat panas dan kebiasaan tidak menggunakan alas kaki. Meskipun ini kebiasaan yang dianggap sangat umum tapi dampaknya bisa sangat berbeda.

Jika Anda sudah mengalami masalah ini maka tumit menjadi tidak halus dan sulit untuk bisa berjalan dengan baik dan nyaman. Namun Anda tidak perlu bersedih karena memang ada cara mengatasi tumit pecah pecah. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Secara Alami

Rawat dengan Lemon, Garam dan Gliserin

Lemon adalah salah satu bahan yang sangat alami untuk merawat tumit yang pecah. Lemon bisa mengatasi ini karena mengandung sifat asam yang akan melawan bakteri dan membuat kulit kembali lembut seperti biasanya.

Kemudian gliserin akan membantu melembutkan kulit dan membuat kulit pecah yang keras teratasi. Garam menjadi bahan yang akan mencegah peradangan sehingga kulit menjadi tampak sehat kembali.

masker-lemon-dan-garam

Cara perawatan:

  • Siapkan air hangat dalam baskom kemudian beri 1 sendok teh garam, 1 cangkir air lemon dan 1 sendok makan gliserin.
  • Lalu masukkan kaki Anda selama beberapa saat.
  • Setelah itu gosok tumit dengan batu apung secara lembut dan rendam kembali.
  • Ulangi perawatan ini selama beberapa kali sampai tumit Anda kembali sehat.

Olesi dengan Minyak Sayur

Minyak sayur juga bisa menjadi obat untuk mengatasi tumit yang pecah. Ini bisa terjadi karena minyak yang terhidrogenasi memiliki kandungan lemak yang cukup baik untuk kulit. Efeknya tidak hanya membuat kulit menjadi lebih lembut tapi juga akan membuat kulit yang pecah menjadi lebih bersih.

Cara perawatan ini sangat mudah, yaitu olesi kaki Anda dengan minyak sayur baru atau yang belum pernah digunakan. Biarkan selama beberapa menit kemudian pakai kaus kaki. Biarkan sampai pagi lalu pada pagi harinya baru dibersihkan dengan air hangat. Tumit Anda pasti akan sangat halus.

minyak-sayur

Masker Alpukat dan Pisang

Jika Anda memiliki bahan pisang dan alpukat maka kedua bahan ini juga sangat baik untuk merawat kaki Anda. Pisang dan alpukat mengandung vitamin E yang sangat tinggi.

Vitamin ini akan bekerja untuk melembutkan kulit secara alami. Kemudian nutrisi seperti kalium bisa membuat kuman atau bakteri pada bagian kulit akan mati. Lemak dalam alpukat juga sangat baik untuk mendukung proses regenerasi sel kulit yang sehat.

alpukat-dan-pisang

Cara perawatan:

  • Blender buah alpukat dan pisang sampai tercampur rata. Tidak perlu ditambah air atau bahan lain sehingga hasilnya lebih kental.
  • Oleskan pada bagian tumit sampai merata dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bersihkan dengan air dingin dan ulangi perawatan dua hari sekali.

Masker dari Vaselin dan Jus Lemon

Anda juga bisa menyembuhkan masalah kulit pada tumit ini dengan vaseline dan jus lemon. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi, dimana bahan ini sangat penting untuk membunuh semua kuman pada area kulit yang pecah. Sementara vaselin mengandung pelembab yang bisa membuat kulit lebih lembab dan sehat.

jus-lemon

Cara perawatan:

  • Rendam tumit kaki Anda ke dalam air hangat selama kurang lebih 20 menit, lalu angkat dan keringkan.
  • Campurkan jus lemon dengan beberapa vaseline sampai merata.
  • Gunakan campuran jus lemon dan vaseline ini secara merata ke semua bagian kulit yang pecah.
  • Bungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan selama 6 jam, jadi lakukan saat tidur malam saja.
  • Bersihkan dengan air dingin sehingga kaki Anda menjadi sangat lembut.

Rendam Dalam Air Madu Hangat

Anda juga bisa mencoba untuk mengobati tumit yang pecah dengan madu. Madu mengandung vitamin E yang sangat baik untuk melembutkan kulit. Kemudian kandungan antioksidan berupa mineral juga sangat baik untuk mengatasi kulit pecah karena bisa membuat pelepasan kulit yang tidak sehat menjadi lebih cepat. Madu bahkan akan memberi kelembapan alami sehingga kulit Anda benar-benar akan tampak sehat.

air-madu-hangat

Cara perawatan:

  • Masukkan beberapa sendok madu ke dalam air hangat di baskom.
  • Cuci kaki Anda sampai bersih kemudian rendam tumit ke dalam baskom tersebut.
  • Biarkan selama beberapa saat sampai kulit Anda menjadi lembut.
  • Angkat kaki dan gosok lembut dengan handuk yang bersih untuk membersihkan semua kotoran kaki.
  • Ulangi perawatan ini setiap 2 hari sekali sampai sembuh.

Gunakan Masker Tepung Beras dan Madu

Apakah Anda tahu bahwa tepung beras adalah bahan yang sangat alami untuk mengatasi kulit kaki yang pecah? Tepung beras adalah bahan yang bisa membuat kulit kaki menjadi sangat lembut.

Ada banyak mineral yang terkandung dalam tepung beras seperti bagian karbohidrat yang akan membuat kulit terawat dan mineral yang membantu proses pelepasan kulit yang tidak sehat. Sementara itu madu akan merawat kulit agar sehat kembali.

tepung-beras

Cara perawatan:

  • Campurkan beberapa sendok tepung beras dengan madu sampai merata.
  • Gunakan seperti masker secara langsung ke kaki yang bermasalah.
  • Biarkan selama beberapa saat sampai meresap.
  • Kemudian bersihkan dengan air hangat sambil digosok.

Olesi dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak ajaib untuk semua masalah kulit Anda. Minyak zaitun kaya dengan lemak yang sehat dan juga vitamin E. Kulit yang pecah biasanya memang kekurangan nutrisi dan juga karena kebiasaan yang buruk pada kaki.

Anda bisa mencoba dengan mengolesi minyak zaitun ke kaki secara langsung. Setelah itu biarkan sampai meresap dan bersihkan dengan air hangat. Anda juga bisa menerapkan kompres hangat setelah diberi minyak zaitun. Jika dilakukan setiap hari maka masalah pada kaki pasti akan sembuh sendiri.

minyak-zaitun

Gunakan Masker Oatmeal dan Madu

Oatmeal juga sering digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit termasuk kulit yang kasar dan berminyak. Tapi ternyata oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi kaki yang pecah. Ini karena oatmeal bisa merawat kaki dengan baik dan memulihkan jaringan kulit yang pecah. Kandungan gandum dan madu yang kaya dengan vitamin E bisa membuat kulit Anda sehat kembali.

oatmeal

Cara perawatan:

  • Campurkan oatmeal yang sudah direndam dalam air hangat dan menjadi lebih lunak dengan beberapa sendok madu.
  • Kemudian gunakan untuk masker ke kaki Anda serta biarkan selama lebih dari 20 menit.
  • Anda bisa membungkus kaki dengan kantung plastik yang bersih.
  • Berikan pijatan ringan sambil digosok kemudian cuci kaki dengan air hangat.
  • Perawatan bisa dilakukan tiga hari sekali untuk hasil yang lebih cepat.

Olesi dengan Minyak Kelapa

Selain minyak sayur, minyak kelapa juga sangat baik untuk merawat kaki Anda. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang bersumber dari lemak sehat dan senyawa lain. Minyak kelapa bahkan bisa membuat kulit kembali halus karena sel-sel kulit yang rusak mulai rontok dan sisanya memperbaiki diri.

Anda bisa mencoba perawatan ini dengan sangat mudah. Yaitu, hanya dengan mengolesi kaki menggunakan minyak kelapa. Kemudian biarkan saja selama satu atau dua jam. Kemudian bersihkan dengan air hangat dan ulangi lagi sampai kaki Anda terasa licin dan lembut.

minyak-kelapa

Gunakan Masker Baking Soda

Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue ternyata juga sangat tepat jika digunakan untuk merawat kulit kaki yang pecah. Baking soda sebenarnya memberi efek untuk melembutkan kemudian membuat kulit menjadi lebih lemah.

Lalu saat jaringan mulai tidak terlalu kaku maka sel-sel kulit yang rusak akan hilang atau rontok dalam proses perawatan. Sisa sel kulit yang sehat akan membentuk jaringan kembali dan tumit kaki Anda menjadi sangat halus.

masker-baking-soda

Cara perawatan:

  • Cobalah untuk mencampurkan baking soda dengan air dalam baskom.
  • Rendam kaki Anda selama kurang lebih 15 menit.
  • Gosok kaki sambil dibersihkan dengan air hangat.
  • Keringan dan olesi dengan pelembab khusus untuk kaki yang pecah.

Rendam dengan Garam Epsom

Garam epsom selama ini memang sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Dan ternyata ini memang sangat efektif karena garam epsom memang memiliki kemampuan untuk menjaga agar proses regenerasi sel berjalan lebih cepat.

Kemudian sel-sel rusak yang menyebabkan kaki pecah akan hilang dan berganti dengan sel yang baru. Bahkan jaringan yang tidak terhubung akan tertutup kembali.

garam-epsom

Cara perawatan:

  • Campurkan garam epsom ke dalam air hangat di wadah seperti baskom.
  • Kemudian masukkan dan rendam kaki Anda sampai merasa nyaman.
  • Setelah 30 menit angkat kaki dan bersihkan dengan handuk yang bersih.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur sampai kaki Anda pulih kembali.

Olesi dengan Gel Lidah Buaya

Gel yang terdapat pada daging lidah buaya sebenarnya sangat baik untuk tumit yang bermasalah seperti pecah. Gel ini mengandung senyawa khusus yang akan mengatasi peradangan pada bagian luka sehingga luka di sekitar kaki cepat sembuh. Efek gel lidah buaya juga bisa membuat kulit kaki Anda menjadi sangat lembut.

Lidah buaya

Cara perawatan:

  • Ambil lidah buaya yang masih segar, kemudian bersihkan dan belah menjadi beberapa bagian sampai mengeluarkan gel.
  • Terapkan langsung ke kaki Anda yang sudah bersih.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Lalu keringan dan rendam kaki Anda dalam air dingin agar lebih santai.

Olesi dengan Vitamin E

Jika Anda memiliki vitamin E dalam bentuk kapsul cair, maka ini juga bahan yang tepat untuk merawat kulit kaki yang pecah. Vitamin E adalah resep ajaib untuk mendukung agar kulit menjadi lebih sehat dan kaki pecah tidak terlalu perih.

Kerja vitamin E bisa menjadi sumber antioksidan dan juga bisa membuat kulit kembali lembut seperti kulit bayi. Cara perawatan juga sangat mudah yaitu dengan mengambil cairan vitamin E, kemudian tempelkan pada kaki yang sakit atau pecah tadi. Biarkan selama kurang lebih 4 jam lalu bersihkan dengan air hangat.

vitamin-e

Minum Cukup Air

Anda juga bisa mencoba untuk merawat kaki yang pecah dengan cara minum cukup air. Saat cuaca terlalu panas maka coba minum air mineral yang cukup. Air akan membantu proses hidrasi sehingga kondisi tubuh lebih lembab dari dalam.

Kemudian Anda juga harus mencoba untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi kafein, karena kondisi panas tidak sesuai dengan kafein. Air putih lebih baik untuk sel-sel tubuh Anda agar proses regenerasi sel menjadi lebih sehat.

manfaat-air-putih

Gunakan Sepatu yang Rapat

Jika Anda tidak ingin terkena kulit kaki yang pecah atau tumit pecah maka cobalah untuk menggunakan sepatu yang rapat. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang terbuka pada bagian dalam.

Jika Anda memakai sepatu yang rapat maka tidak ada bagian kulit tumit yang terkena panas. Ini juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab sehingga terawat dengan baik.

sepatu-trandy-2019

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama berarti meletakkan beban pada satu kaki yang sama. Ini akan membuat tekanan pada tumit menjadi sangat tinggi. Kondisi ini juga tidak baik untuk kulit tumit yang sudah bermasalah atau pecah-pecah.

Jadi Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih metode kerja yang lebih bijak untuk kaki. Jangan berdiri terlalu lama dan lebih baik duduk atau berdiri secara bergantian.

akibat-lama-berdiri

Gunakan Produk Pelembab untuk Tumit

Selain dengan berbagai cara alami tersebut maka Anda juga bisa merawat kulit yang pecah pada bagian tumit dengan menggunakan produk pelembab tumit. Ada banyak jenis produk pelembab yang biasanya mengandung bahan khusus seperti vaseline.

Gunakan pada malam hari sebelum tidur dan bersihkan pada pagi hari. Langkah ini lebih baik karena saat tidur semua sel-sel dalam kulit Anda bekerja maksimal sehingga keesokan harinya tumit Anda menjadi sangat halus.

pelembab-untuk-tumit-pecah-pecah

Jadi seperti itulah cara mengatasi tumit pecah dengan cara yang alami maupun dengan perawatan menggunakan obat dan vitamin. Semua langkah ini sangat tepat dan bisa dipilih sesuai dengan kondisi tumit Anda. Lebih baik juga biasakan menjaga kesehatan tumit sehingga tumit Anda tidak akan pecah-pecah.

Leave a Comment