pengertian-komedo

Apa Itu Komedo?
Setiap orang pastinya ingin memiliki wajah yang mulus tanpa cacat. Karena itu ada banyak orang yang rela melakukan perawatan sampai ratusan juta untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik tanpa cacat. Tapi tubuh kita melakukan mekanisme alami yang akan membuat masalah tertentu pada kulit. Seperti masalah komedo yang mulai muncul sejak masa puber.

Komedo juga sering menjadi awal terbentuknya jerawat. Akhirnya keinginan Anda untuk mendapatkan wajah mulus tidak akan tercapai. Untuk merawat dan mencegah komedo maka Anda harus tahu dulu,apa itu komedo? Berikut ini akan Kami jelaskan dengan lengkap termasuk jenis komedo, penyebab, gejala dan cara perawatan yang tepat.

Apa Sebenarnya Komedo Itu?

apa-itu-komedo

Komedo sering dikenali dengan benjolan kecil yang muncul diatas permukaan kulit. Ini menandakan jika ada bagian folikel rambut pada kulit yang tersumbat. Benjolan ini bisa saja berwarna putih atau sering disebut komedo putih dan benjolan hitam yang dikenal komedo hitam.

Komedo paling sering muncul di bagian pipi dan hidung. Namun komedo juga bisa muncul di bagian lain seperti leher, dada, punggung, leher, lengan dan bahu. Terkadang komedo juga tidak berbentuk benjolan kecil tapi hanya seperti titik titik hitam dan putih pada kulit. Jika ditekan maka akan ada material seperti lesi yang keluar dari bagian itu.

Proses Terbentuknya Komedo

Pada dasarnya komedo adalah bagian kantong melanin yang sudah teroksidasi pada bagian permukaan kulit. Ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati maka komedo akan muncul. Dan sebum sebagai zat pelindung pada kulit akan membuat komedo lebih jelas terlihat.

Baca juga: 10 Penyebab Kesalahan Memilih Produk Kecantikan | Wajib Baca!

Pada bagian komedo juga tidak akan terlihat rambut atau celah, karena bagian kulit tersebut sudah tertutup komedo. Jadi rambut dan kelenjar sebaceous ada dibawah komedo.

komedo

Akhirnya sel kulit mati yang menumpuk pada bagian itu akan bertemu dengan oksigen dan berkembang menjadi bintik hitam atau putih yang disebut komedo. Sebenarnya komedo juga tidak terpengaruh oleh kebersihan kulit, jadi meskipun Anda sudah menjaga kesehatan kulit tetap saja bisa terkena komedo.

Komedo juga berbeda dengan jerawat karena lesinya yang tidak tertutup. Pori-pori di sekitar kulit yang terkena komedo tetap terbuka dan membuat udara bisa masuk. Akhirnya udara yang bereaksi ini akan membuat produksi minyak atau sebum dan sel-sel kulit mati yang berkumpul di sekitar komedo. Inilah yang membuat komedo berwarna putih atau hitam.

Penyebab Munculnya Komedo

⇒ Perubahan hormon

penyebab-komedo-pada-wajahManusia mengalami beberapa tahap dalam hidup hingga mencapai titik kedewasaan dan kematangan secara fisik. Untuk bisa matang sempurna ini maka tubuh secara alami akan membuat hormon yang mendukung sistem reproduksi. Perubahan hormon yang cepat inilah yang akhirnya mempengaruhi terbentuknya komedo, termasuk komedo hitam dan komedo putih.

⇒ Usia Remaja

penyebab-komedoPertama kali mengalami komedo biasanya terjadi pada masa puncak awal remaja. Ini terjadi karena pengaruh hormon seks yang sangat tinggi, baik untuk remaja pria dan wnaita. Hormon androgen yang penting untuk kesehatan reproduksi akan menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan sebum yang lebih tinggi. Akhirnya pergantian kulit terjadi saat masa remaja.

⇒ Menstruasi (Haidh)

penyebab-komedoSetelah gadis mencapai usia matang maka mereka biasanya akan mengalami menstruasi. Ini terjadi karena indung telur sudah menghasilkan sel telur yang siap untuk dibuahi. Jika tidak terjadi kehamilan maka wanita akan mengalami menstruasi. Saat itu juga terjadi perubahan hormon yang sering menyebabkan PMS. Nah masa inilah yang akan membuat komedo terbentuk.

⇒ Kehamilan

penyebab-komedoWanita hamil yang awalnya memiliki kulit yang bersih juga bisa terkena komedo. Kehamilan akan mempengaruhi hormon dengan cepat. Hormon tubuh berganti dari mulai hormon untuk membentuk tingkat kesuburan yang maksimal menjadi hormon untuk melindungi janin dan mendukung produksi ASI setelah melahirkan. Perubahan hormon ini yang akan membuat kelenjar menghasilkan banyak sebum.

⇒ Efek Samping Pil KB

penyebab-timbulnya-komedoIbu yang ingin mencegah kehamilan dengan menggunakan pil KB dalam waktu lama juga bisa terkena komedo. Efek samping ini sangat dipengaruhi oleh kadar hormon dalam tubuh. Pil KB bekerja untuk mencegah terbentuknya hormon kehamilan karena mengandung hormon buatan yaitu estrogen dan hormon progestin. Akhirnya kedua hormon ini akan membuat lapisan serviks menjadi lebih tebal dan menghalangi adanya kehamilan. Tapi efeknya sangat buruk untuk kulit termasuk menyebabkan komedo hitam, komedo putih dan juga jerawat.

⇒ Overproduksi Sel Kulit

Setiap orang bisa memiliki kesehatan kulit yang berbeda-beda. Biasanya ketika tubuh menghasilkan sel kulit berlebihan maka bisa menjadi pemicu komedo. Masalahnya adalah ketika sel kulit menjadi lebih banyak maka akan banyak juga sel kulit yang mati. Sel kulit yang mati akan menyumbat pori-pori. Dan akhirnya area sekitar pori-pori ini yang akan membentuk komedo.

⇒ Penggunaan Kosmetik

penyebab-komedoMenggunakan kosmetik tentu menjadi kebiasaan semua wanita yang ingin terlihat cantik. Tapi terlalu sering menggunakan kosmetik juga tidak terlalu baik untuk kulit. Bahan-bahan kimia dalam kosmetik bisa terserap ke pori-pori kulit. Kemudian semakin lama akan menyumbat pori-pori. Inilah yang kemudian akan membuat komedo pada kulit.

⇒ Sering Tertutup Pakaian

Sudah disebutkan diatas, bahwa komedo tidak hanya terdapat pada kulit wajah saja tapi juga pada area dada, punggung, bahu, lengan, dan leher. Pada bagian tubuh ini bisa terkena komedo karena area yang sering tertutup pakaian.

Baca juga: 8 Merk Cream Untuk Wajah Berminyak Paling Recomended

Tubuh mengeluarkan keringat kemudian keringat terserap ke pakaian. Namun itu bukan akhir karena ada banyak bakteri dan kuman pada baju Anda. Akhirnya area yang tersumbat tersebut mendapatkan kontaminasi dari bakteri dan kuman. Karena itulah komedo diluar wajah jumlahnya bisa lebih banyak.

⇒ Tubuh Menghasilkan Keringat Berlebihan

Saat tubuh menghasilkan keringat secara berlebihan maka itu juga akan membuat terbentuknya komedo. Karena pada dasarnya keringat itu bisa saja kembali terserap ke pori-pori kulit. Akhirnya pori-pori tersumbat oleh kotoran dari keringat yang bercampur dengan bakteri dan kuman lain. Lalu area yang tidak tersumbat akan mengembangkan komedo karena pengaruh dari oksigen yang mengenai.

⇒ Kebiasaan Mencukur

penyebab-komedoKebiasaan mencukur rambut pada kulit juga akan menyebabkan komedo. Mencukur secara tidak sengaja akan membuka folikel kulit. Akhirnya akan muncul bekas hitam pada area tersebut. Beberapa folikel rambut justru tidak bisa keluar dan terjebak di dalam bagian itu. Dan sekitar bagian tersebut berkembang menjadi komedo.

⇒ Terlalu Gemuk

penyebab-komedoMemiliki berat badan yang berlebihan juga bisa memicu komedo. Gemuk akan menyebabkan area tubuh banyak yang tertutup oleh lemak dan lipatan kulit. Pada area dibawah lipatan atau sekitar lipatan bisa menyebabkan komedo. Kemudian orang gemuk juga cenderung menghasilkan lebih banyak keringat. Akhirnya komedo tidak hanya pada wajah saja tapi juga bagian tubuh yang lain.

⇒ Penyakit Dan Pengaruh Kesehatan Tubuh

penyebab-komedoPenyakit tertentu juga bisa menyebabkan komedo. Misalnya pada wanita maka penderita PCOS, PMS, kista dan gangguan hormon maka akan lebih banyak memiliki komedo. Kemudian kondisi stres dan tertekan juga akan memicu terjadinya komedo, karena stres bisa mempengaruhi hormon alami tubuh.

⇒ Pengaruh Obat

penyebab-komEfek samping obat juga akan menyebabkan terjadinya komedo. Biasanya efek ini terjadi karena penggunaan obat jangka lama. Beberapa jenis obat yang sering menyebabkan komedo adalah seperti golongan obat kortikosteroid, lithium dan androgen. Obat ini jika digunakan dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan pergantian sel kulit yang terlalu cepat dan membuat produk sel kulit mati.

⇒ Adanya bakteri Propionibacterium acnes

penyebab-komedoSaat tubuh mengeluarkan banyak keringat dan minyak maka kulit Anda pasti bisa terkena banyak bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini juga akan menyebabkan komedo karena menumpuk pada pori-pori kulit. Secara tidak langsung area di sekitar tumpukan bakteri itu akan menjadi komedo.

 

Gejala Komedo

Terbentuknya lesi kecil dan gelap, atau lesi terang yang menonjol.
Munculnya lesi kecil yang kemudian berkembang menjadi komedo tidak disertai dengan rasa sakit.

gejala-komedo-pada-kulit-wajah

 

Termasuk dalam gejala jerawat tapi terjadi karena pori-pori yang terbuka.
Tidak menyebabkan peradangan. Ini yang membuat komedo tidak mengembangkan infeksi, tidak mengembangkan rasa sakit dan kulit Anda sama sekali tidak terasa apa-apa.

Ini yang membedakan jerawat dan komedo dengan jelas. Lesi atau bintik atau benjolan berbentuk lebih tinggi dan lebih pipih, sehingga tidak ada area yang bengkak di sekitar komedo.

Jenis Komedo

Komedo hitam
Komedo hitam atau juga disebut dengan komedo terbuka. Jenis komedo ini akan membuat kulit memiliki bintik – bintik hitam yang jelas. Komedo hitam biasanya menyertai terbentuknya jerawat namun juga tidak selalu pasti. Terkadang komedo juga terbentuk dari folikel kulit dengan pori-pori yang sudah terbuka lebar. Komedo hitam paling sering muncul pada wajah, bahu dan punggung.

Komedo putih
Komedo putih sering dikenal dengan nama komedo tertutup Komedo terbentuk ketika folikel dibawah kulit penuh dengan bakteri. Lalu ada lubang yang kecil di bagian atas kulit. Udara atau oksigen tidak bisa menembus folikel tersebut. Bakteri yang sudah masuk ke dalam tidak mengalami reaksi dengan udara dan akhirnya terbentuklah komedo putih. Selain pada bagian wajah maka komedo ini juga terbentuk pada bagian bahu, dada dan punggung.

Cara Mengatasi Komedo Hitam dan Komedo Putih

cara-mengatasi-komedo

1. Bersihkan komedo dengan masker

Jika komedo hitam muncul pada wajah maka bersihkan dengan masker khusus untuk membersihkan komedo. Anda bisa memilih masker kemasan yang khusus. Namun untuk membersihkan komedo pilih saja masker yang tidak wangi dan aman untuk kulit sensitif. Terapkan masker sesuai petunjuk dalam kemasan dan lakukan secara teratur.

2. Tidak berlebihan saat mengeringkan kulit

Jika komedo terlebak di punggung, leher atau lengan maka jangan mengeringkan area ini secara berlebihan. Mengeringkan berlebihan akan menyebabkan produksi sebum menutun dan akibatnya komedo bisa lebih banyak. Bahkan bisa menyebabkan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous menjadi lebih banyak.

3. Pilih kosmetik yang tepat

Saat ini sudah banyak dikembangkan kosmetik untuk mencegah terbentuknya komedo. Bahan dasar komedo ini tidak mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Akhirnya pori-pori menjadi bersih dan terbuka dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati. Hanya saja Anda juga harus memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

4. Obat kimia yang diresepkan dokter

Jika komedo Anda sangat parah maka tidak ada salahnya untuk berobat ke dokter kecantikan. Dokter biasanya akan memberikan resep seperti Azelaic acid, benzoyl peroxide, salicylic acid dan jenis obat untuk mencegah peradangan. Bentuk obat biasanya seperti gel atau salep yang bisa dioleskan langsung ke area komedo. Obat ini juga bisa menyebabkan efek samping sehingga pahami cara penggunaan yang tepat.

5. Vitamin A

Ketika Anda memiliki banyak komedo maka tubuh sebenarnya juga membutuhkan banyak vitamin A. Selain dengan obat seperti tazarotene dan tretinoin maka Anda juga bisa mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung vitamin A. Misalnya seperti buah kiwi, apel, sawi, wortel, tomat dan jenis sayuran lain.Vitamin A sangat penting untuk menyembuhkan komedo karena bisa membuat proses pergantian sel kulit menjadi lebih cepat.

6. Jangan stres

Stres bisa menyebabkan komedo menjadi lebih banyak. Karena stres berpengaruh untuk sistem hormon dalam tubuh. Karena itu saat Anda merasa stres maka segera cegah dengan bepergian,bertemu dengan teman dekat atau olahraga yang bisa membuat pikiran menjadi santai.

7. Perhatikan makanan Anda

Jika Anda sudah memiliki banyak komedo maka perhatikan dengan asupan makanan Anda. Hindari mengkonsumsi gorengan, makanan cepat saji, kentang goreng dan coklat. Imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang sangat menyehatkan. Dan pastikan Anda juga menjaga kebersihan sehingga komedo bisa sembuh alami.
Larangan untuk Komedo

8. Jangan memencet komedo

Saat Anda ingin menghilangkan komedo maka jangan memencet komedo. Kebiasaan memencet komedo bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Komedo yang hilang sering meninggalkan lubang yang cukup besar sehingga menjadi infeksi dan berkembang lebih buruk.

9. Jangan menguap komedo

Banyak orang yang menguap komedo untuk menghilangkan komedo, tapi cara ini ternyata salah besar. Biasanya menguap bertujuan untuk membuka pori-pori kulit kemudian memencet komedo dan komedo bisa dihilangkan. Tapi ini akan membuat pori-pori lebih terbuka. Area sekitar komedo juga banyak terkena oksigen dan membuat komedo sulit untuk dihilangkan.

10. Jangan menggunakan bahan scrub

Menggunakan masker scrub atau bahan scrub untuk menghilangkan komedo ternyata juga sangat berbahaya. Bahan scrub akan membuat sebum hilang dan akhirnya kelenjar sebaceaous akan bekerja keras untuk memproduksi sebum. Akhirnya akan membuat penyumbatan lebih parah dan bisa menyebabkan jerawat.

11. Jangan menggunakan kertas penyerap komedo

Ada banyak jenis kertas penyerap atau penghapus komedo yang bisa dibeli bebas. Tapi sebaiknya Anda tidak menggunakan bahan ini karena akan memicu iritasi. Bahkan bahan ini juga bisa menyebabkan bekas komedo berlubang besar dan membuat infeksi bisa terjadi kapan saja.

12. Hindari kosmetik berminyak

Kemudian Anda juga harus menghindari semua jenis kosmetik atau produk untuk kulit yang mengandung minyak. Semua produk ini akan membuat kelenjar minyak bekerja lebih keras dan akhirnya wajah Anda jauh lebih berminyak. Akhirnya komedo akan muncul lebih banyak.

13. Hindari lingkungan yang lembab

Anda juga sebaiknya harus menghindari lingkungan yang lembab. Lingkungan yang lembab akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan komedo bisa sangat parah. Jadi biarkan kulit sering terkena udara yang normal. Dan sesekali biarkan area yang terkena komedo tidak tersentuh oleh pakaian.

Inilah semua pemahaman mengenai apa itu komedo. Setelah Anda memahami termasuk dengan gejala, penyebab, jenis dan cara mengatasi komedo maka Anda bisa menjaga kulit agar tidak terkena komedo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here