pengertian-flek-hitam

Apa Itu Flek Hitam? Apakah Anda memiliki bintik hitam yang muncul di bagian wajah? Ah, ini masalah yang sangat mengerikan karena akan merusak warna kulit Anda yang alami. Wanita Indonesia umumnya memiliki warna kulit yang lebih mulus, dibandingkan dengan wanita di luar negeri.

Jika Anda perhatikan dari dekat maka banyak bintik gelap atau flek hitam yang muncul di wajah wanita dari luar negeri. Ini memang kondisi kulit yang sangat khusus. Penyebabnya bisa karena hal yang biasa atau hal yang sangat serius. Untuk memahami maka Kami akan memberikan penjelasan yang lengkap mengenai apa itu flek hitam?

#Apa Itu Flek Hitam?

flek-hitam

Bintik hitam atau flek hitam pada bagian wajah adalalah salah satu kondisi hiperpigmentasi kulit yang biasanya muncul pada wanita paruh baya. Bintik – bintik hitam ini terjadi karena adanya perubahan pigmen kulit ketika melanin yang diproduksi pada kulit menumpuk pada area tertentu di kulit.

Akhirnya Anda bisa menemukan bintik hitam yang muncul pada dahi, tulang pipi atau merata di semua bagian wajah. Sebenarnya flek hitam juga bisa bukan hanya karena penuaan dini tapi juga karena penyakit kulit yang serius.

#Gejala Flek Hitam

Tidak ada gejala khusus ketika Anda akan memiliki flek hitam. Hanya saja beberapa bintik – bintik hitam, gelap atau kecoklatan mulai muncul seperti jerawat. Awalnya tidak terlihat jelas tapi semakin lama maka kulit menjadi tidak bersinar. Biasanya ini disertai dengan tanda lain seperti munculnya garis – garis pada dahi dan juha jerawat kecil.

Baca juga: Apa Itu Komedo? Bagaimana Gejala, Penyebab & Cara Mengatasinya?

Tidak ada batas usia kapan flek hitam mulai muncul. Wanita biasanya tidak menyadari gejala ini dengan detail karena sering menggunakan kosmetik untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan warna yang merata.

#Penyebab Flek Hitam

Akibat penyakit kulit Flek hitam pada wajah bukan hanya karena kondisi kulit akibat usia dan berbagai efek samping gaya hidup yang kurang sehat. Flek hitam juga bisa karena penyakit kulit yang muncul dengan beberapa resiko lain.penyebab-flek-hitam

Berikut ini daftar penyakit kulit yang sering menyebabkan flek hitam.

 

Riehl’s Melanosis: penyakit kulit ini terjadi karena hiperpigmentasi yang akan membuat kulit wajah berbintik abu atau coklat lalu menjadi hitam. Penyakit ini sering muncul karena adanya paparan sinar matahari langsung ke kulit wajah dan adanya paparan bahan kimia dari kosmetik termasuk untuk bagian tubuh lain seperti parfum, bedak dan deodoran.

Melasma : penyakit kulit ini akan membuat wajah menjadi berbintik abu dan hitam namun menyerupai tambalan yang merata. Biasanya muncul pada bagian dagi, area mulut dan hidung, dan tulang pipi. Namun flek hitam ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain termasuk bahu atau lengan atas.

PIH (Post Inflamantory Hyperpigmentation)

penyebab-flek-hitam

PIH (Post Inflamantory Hyperpigmentation) ini adalah flek hitam yang muncul setelah terjadi cedera pada kulit wajah dan bagian tubuh yang lain. Flek hitam ini biasanya bisa hilang sendiri namun terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama. Misalnya seperti bekas jerawat yang dipencet dengan sengaja.

Linea Fusca

penyebab-flek-hitam

Linea Fusca Ini adalah jenis flek hitam yang disebabkan karena perubahan hormon pada wanita. Terjadi ketika muncul flek hitam yang menyerupai garis pada wajah akibat produksi melanosit yang lebih banyak saat ada kondisi perubahan hormon. Kondisi ini banyak menyerang setelah hamil.

Baca juga:
Gak PD Karena Bekas Jerawat? Ini Dia 12 Cara Menghilangkan Bekas Bekas Jerawat Dengan Cepat & Aman

Erythromelanosis follicularis

Erythromelanosis follicularis penyakit ini akan membuat terbentuknya lapisan flek coklat dan hitam pada bagian wajah dan leher. Penyakit bisa karena kondisi folikel kulit yang mulai berubah.

Poikiloderma of Civatte

Flek hitam karena penyakit ini tidak hanya menyerang wajah saja tapi juga area leher. Awalnya akan terlihat bercak coklat saja namun berubah menjadi hitam dan menyerang kulit bagian tubuh yang lain.
Radiasi sinar UV

Ada banyak alasan mengapa wanita atau pria sebaiknya menggunakan tabir surya ketika keluar saat siang hari. Salah satunya adalah untuk mencegah agar kulit tidak terkena radiasi sinar UV. Radiasi ini tidak hanya menyebabkan flek hitam tapi juga resiko kanker kulit.

Ada tiga jenis penyakit kulit yang akan mengembangkan flek hitam pada bagian wajah, leher dan termasuk bagian tubuh yang lain seperti melasma, solar lentigines – freckles dan ephelides.

Pengaruh Obat

Obat dengan berbagai bahan kimia yang digunakan dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan flek hitam. Beberapa obat ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, bahkan jika Anda tidak terkena sinar matahari langsung. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan flek hitam seperti:

penyebab-flek-hitam

  • Estrogen: ini adalah jenis obat yang digunakan untuk memberikan pengaruh pada hormon terutama untuk mencegah terjadinya kehamilan atau untuk mencegah efek setelah menopause. Beberapa jenis obat ini termasuk pil KB, IUD,KB suntik dan implan.
  • Amiodarone : ini adalah jenis obat yang sering digunakan untuk mengendalikan tekanan darah dan penyakit gangguan jantung.
  • Tetracyclines : Jika Anda mengobati jerawat dengan obat dokter maka ini termasuk jenis obat yang sering diberikan. Obat yang termasuk dalam antibiotik ini akan berfungsi untuk merawat infeksi kulit akibat jerawat.
  • Phenytoin: ini adalah jenis obat untuk mengatasi kejang-kejang akibat penyakit epilepsi. Sering kali penderita epilepsi harus minum obat ini dalam waktu yang lama untuk mencegah penyakit agar tidak kambuh. Tapi efeknya bisa membuat bintik-bintik hitam pada wajah.
  • Phenothiazines : zat ini sebenarnya bukan obat yang berdiri sendiri, tapi sebuah senyawa yang sering digunakan untuk membuat antihistamin. Antihistamin adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi gangguan psikologis dan kecemasan.
    Sulfonamide: Bahan ini paling sering digunakan untuk membuat obat diuretik dan obat anti infeksi atau anti mikroba tertentu.

Penyakit tumor pada kelenjar hipofisis

penyebab-flek-hitam-pada-wajah

Penderita tumor yang menyerang pada bagian hipofisis seperti pada kelenjar pituari juga bisa mengalami bintik hitam. Kondisi ini karena tumor akan mempengaruhi produksi hormon yang normal sehingga bisa mengganggu fungsi tubuh lain.

Proses kehamilan

Bagi wanita hamil mengalami hiperpigmentasi memang menjadi tantangan yang sangat besar. Kondisi ini akan menyebabkan flek hitam yang muncul sepanjang kehamilan dan akan terus memburuk setelah melahirkan. Biasanya pada kasus tertentu akan sembuh sendiri setelah melahirkan, tapi terkadang bisa bertahan dan membuat wajah penuh dengan bintik hitam.

Penyakit Addison

Flek hitam juga bisa menjadi masalah akibat adanya penyakit Addison. Ini adalah jenis penyakit yang terjadi karena bagian kelenjar adrenal tidak bisa menghasilkan hormon kortisol dan aldosteron. Akibatnya kontrol fungsi jaringan dan organ tubuh akan bermasalah dan ditandai dengan munculnya flek hitam di wajah dan bagian tubuh yang lain.

Hemachromatosis

Penyakit ini terjadi karena tubuh melakukan penyerapan zat dengan cara yang berlebihan. Akibatnya penyakit akan menyerang fungsi organ penting seperti pankreas, hati dan jantung. Penyakit ini terjadi akibat pengaruh genetik yang akan diwariskan dari orang tua ke anak dan selanjutnya dalam garis genetik.

Gangguan hati

Ketika liver mengalami gangguan fungsi maka akan terjadi penyerapan zat besi yang lebih banyak. Kemudian fungsi liver akan menurun dan berpengaruh untuk organ lain. Flek hitam bisa terjadi dengan cepat termasuk untuk bagian wajah dan area tubuh yang lain.

Efek polusi udara

Jika Anda tinggal atau beraktifitas secara rutin di kota besar maka kemungkinan kulit Anda terpapar polusi udara. Polusi udara bisa terjadi karena asap kendaraan yang tidak memenuhi batas emisi dan kandungan bahan kimia udara yang didapatkan dari limbah industri.

Baca juga: 15 Cara Mencegah Jerawat Timbul Diwajah Secara Efektif

Flek hitam ini muncul karena sel-sel kulit memproduksi dan mengeluarkan antioksidan yaitu melanin yang berlebihan agar tidak terjadi kerusakan kulit akibat polusi.

#Cara Mengatasi Flek Hitam

flek-hitam

1. Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya bisa mencegah dan mengatasi flek hitam pada wajah dan semua bagian tubuh Anda. Anda harus memilih jenis tabir surya yang mengandung SPF 15 atau lebih. Anda juga bisa memilih jenis tabir surya yang mengandung bahan titanium dioxide dan zinc oxide. Gunakan tabir surya selama 30 menit sebelum keluar rumah agar hasilnya lebih maksimal.

2. Terapi teh hijau

Teh hijau adalah bahan teh yang mengandung antioksidan tinggi seperti jenis tanin dalam teh. Antioksidan yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh kulit untuk melawan radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini. Teh hijau juga sangat penting untuk meningkatka produksi kolagen sehingga kulit Anda tampak lebih kenyal.

3. Minyak jarak

Minyak jarak adalah jenis minyak yang mengandung bahan alami untuk memerangi flek hitam karena masalah penuaan dini. Tentu saja bahan ini tidak efektif jika digunakan untuk mengatasi bintik hitam karena penyakit kulit. Anda bisa mencoba untuk menerapkan minyak jarak pada kulit wajah dengan kapas atau kain yang bersih paling tidak selama dua atau satu kali sehari.

4. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung bahan aktif yang akan menyembuhkan berbagai masalah kulit termasuk flek hitam dan luka. Bahan aktif yang termasuk dalam kelompok antioksidan ini sangat baik untuk melawan flek hitam dan coklat pada wajah.

Anda bisa mencoba mengambil gel lidah buaya yang baru saja dipetik. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena flek dan biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi perawatan ini setiap dua hari sekali dan flek hitam bisa hilang sendiri.

5. Konsumsi vitamin E

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang paling baik untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk untuk mencegah dan merawat flek hitam. Vitamin E juga bsia membantu menghilangkan radikal bebas dalam kulit yang bisa membuat efek penuaan dini lebih cepat muncul. Anda bisa mencoba mengkonsumsi banyak makanan yang menandung vitamin E seperti biji bunga matahari, mete, almond, minyak kelapa, daging ayam tanpa lemak, kiwi dan jenis makanan lain. Untuk wajah Anda bisa menerapkan kapsul vitamin E yang diusapkan langsung ke kulit.

6. Jus lemon

Jus lemon ternyata tidak hanya mengobati jerawat atau komedo saja, tapi juga bisa mengatasi jus lemon. Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa bekerja untuk nutrisi dan antioksidan untuk kulit.

Hanya saja jus lemon tidak boleh digunakan jika Anda memiliki bekas luka, jerawat yang pecah atau luka lain pada kulit wajah. Dan setelah menggunakan jus lemon untuk wajah maka hindari sinar matahari secara langsung, karena kulit Anda memang lebih sensitif.

Cara perawatan: Peras air lemon yang segar pada mangkuk kecil.
Serap air lemon dengan kapas dan oleskan pada bagian flek hitam.
Biarkan sampai kering dan bersihkan dengan air dingin.
Lakukan perawatan ini setiap hari selama 14 hari sampai hasilnya terlihat dan tidak ada flek hitam pada kulit Anda.

7. Gunakan masker kentang

Jika Anda memiliki persediaan kentang di dapur, maka cukup gunakan kentang untuk menghilangkan flek hitam. Kentang memiliki sifat untuk memutihkan kulit secara alami dan juga memudarkan flek hitam agar warna kulit kembali seperti semula.

Bahkan jika Anda memiliki bekas luka maka kentang akan merawat luka dengan baik. Pada dasarnya kentang menghasilkan pati yang akan bekerja untuk mengurangi perubahan warna pada kulit dan juga bisa meningkatkan ensim alami yang membuat kulit lebih cerah.

Cara perawatan:Cuci bersih kentang, kupas dan iris menjadi beberapa bagian. Kemudian tempatkan irisan kentang pada flek hitam dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat dan beri pelembab kulit seperti tipe kulit Anda.

Cuci bersih kentang, kupas, dan parut kentang agar lebih lembut. Campurkan dengan satu sendok teh madu murni dan campur. Oleskan bahan ini ke bagian flek hitam di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Cuci bersih kentang kemudian buat menjadi jus. Endapkan selama beberapa menit sampai menyisakan pati dan ambil sari pati kentang. Tambahkan sedikit perasan lemon kemudian terapkan ke bagian bintik hitam Anda. Setelah itu biarkan sampai mengering dan bersihkan dengan air dingin.

8. Masker kunyit, air lemon dan susu

Kunyit selama ini sering dibuat menjadi bahan masker untuk tubuh. Ternyata kunyit juga mengandung agen alami untuk membersihkan flek hitam dan memulihkan kondisi kulit seperti semula.

Kunyit mengandung bahan aktif yang akan mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah pigmentasi pada kulit penyebab perubahan warna dan flek hitam. Ini bahan yang sangat baik untuk menghilangkan flek hitam karena penuaan dini dan efek sinar UV.

Cara perawatan:Campurkan 2 sendok makan kunyit bubuk, beberapa tetes susu murni dan air perasan jeruk lemon.

Aduk sampai merata menjadi pasta dan oleskan pada bagian flek hitam.
Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.
Ulangi perawatan ini lebih sering agar hasilnya cepat terlihat.

9. Perawatan Dengan Sinar Laser

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih banyak dan ingin menghilangkan flek hitam dengan cepat maka bisa mempertimbangkan perawatan dengan sinar laser. Perawatan dengan sinar laser khusus ini akan membuat flek hitam hilang lebih cepat dengan cara mematikan sel yang menghasilkan melanin secara langsung.

Meskipun perawatan ini bisa menghilangkan flek hitam dengan cepat tapi juga bisa menyebabkan efek samping seperti perubahan warna kulit yang tampak merah atau lebih putih dari kulit aslinya.

10. Kosmetik Khusus

Karena Anda sudah memiliki flek hitam maka juga bisa menggunakan kosmetik khusus untuk mengatasi flek hitam, menyamarkan flek hitam dan menghilangkan flek hitam sepenuhnya. Ada banyak kosmetik yang sudah dirancang dengan fungsi ini dan biasanya juga efektif untuk mengatasi kerutan.

Namun untuk mengetahui efek sampingnya maka lakukan uji pada kulit yang sensitif atau berkonsultasi dengan dokter kecantikan Anda.

Jadi inilah semua pengertian apa itu flek hitam yang lengkap dengan gejala, penyebab dan cara untuk mengatasinya. Karena Anda sudah tahu maka sebaiknya mulai sekarang sudah mencegah agar tidak terkena flek hitam dan menjaga kesehatan kulit sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here